Artikel Terbaru

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Belajar Premiere Pro : Proses Import dan Triming

Biasanya setelah mengatur setting project dan melakukan capture pada permulaan project 
maka langkah-langkah selanjutnya adalah : 
•  Mengimpor clip 
•  Melakukan pemilihan scene (proses trimming) 
•  Menyusun clip ke dalam Timeline Window 
•  Memberikan Transisi 
•  Memberikan Efek Video 
•  Melakukan Transparansi/Superimpose 
•  Melakukan Animasi 
•  Memberi Title 
•  Mengekspor Movie 

Mengimpor Clip 
Clip adalah sebutan untuk file-file yang dapat dipakai dalam project untuk membangun project di dalam Timeline, dapat berupa  file image/gambar, file video dan file suara/audio. Format file yang disupport oleh Adobe Premiere Pro adalah QuickTime, Direct Show (Windows only), AVI (Windows only), WAV (Windows only), Adobe Photoshop, JPEG, SGI, Softimage PIC, Targa, TIFF, PICT, Cineon, RLA, Electric Image, Filmstrip, FLC/FLI, EPS (import only), Adobe Illustrator (import only). Berikut ini langkah-langkah mengimpor clip : 
1.  Pada menu pilih File > Import. 
2.  Maka akan  tampil kotak dialog  Import,  lalu pilih  file yang akan diimpor. Selanjutnya  tekan 
Open. 
3.  Maka file yang telah diimpor akan tampil di dalam Project Window. 

Melakukan Trimming 
File-file hasil capture dan clip hasil  import masih merupakan potongan-potongan kasar yang masih harus dilakukan pemilihan atau penyortiran final.
Pada dasarnya proses  Trimming adalah menentukan In Point dan Out Point pada clip kemudian hasil trim tersebut dapat disusun ke dalam Timeline menggunakan metode Lift dan Overlay yang akan dijelaskan pada bahasan selanjutnya. Berikut ini langkah-langkah 
Trimming : 
1.  Klik dua kali salah satu clip yang ada di dalam Project Window maka clip akan tampil dalam Source Monitor atau drag salah satu clip yang ada di dalam Project Window ke dalam Source  Window. 

2.  Kemudian  untuk  memainkan  clip  tersebut  gunakan  tombol  Play  atau  dengan  menggeser
Playhead ke posisi waktu yang kita  inginkan,  lalu klik tombol Mark In untuk menandai awal trimming. Tombol ini berada di sebelah kiri bawah pada Monitor Window.

3.  Kemudian geser Playhead ke posisi waktu akhir lalu klik tombol Mark Out yang ada di sebelahnya untuk menandai akhir trimming

4.  Apabila file atau clip yang kita trim merupakan file video yang tersusun atas video dan audio, maka kita dapat memilih  format yang akan disusun ke dalam Timeline, dapat berupa video tanpa audio/suara atau hanya audio saja yang akan dimasukkan ke dalam Timeline.  Tetapi apabila clip yang kita trim berupa audio saja, maka yang dapat kita masukkan ke Timeline juga berupa  audio saja. Terdapat  tiga pilihan Toggle Take Audio and Video yaitu Take Video, Take  Audio,  Take Audio and  Video.  Toggle  Take  Video  untuk  mengatur  hanya memasukkan format video saja tanpa suara/audio ke dalam Timeline, sedangkan Toggle Take Audio apabila diaktifkan maka hanya audio saja yang akan dimasukkan ke dalam Timeline, dan Toggle Take Audio and Video apabila diaktifkan maka hasil trimming yang dimasukkan ke dalam Timeline akan berupa video beserta audionya.

5.  Setelah  clip ditrimming maka  clip  siap  untuk disusun di dalam Timeline Window. Untuk menyusun  clip hasil  trimming ke dalam Timeline Window caranya drag video yang  tampil pada Source Monitor Window ke dalam Timeline Window dengan cara drag seperti biasa. Apabila formatnya  berupa  video maka  tempatkan  clip  hasil  trimming  pada  Track  Video, apabila  format clip adalah audio maka  tempatkan pada Track Audio,  tetapi bila  formatnya adalah video yang memiliki audio maka  tempatkan dalam Track Video  selanjutnya  format audio yang bersamanya akan menyesuaikan diri menempati Track Audio yang kosong.

Menyusun Clip ke dalam Timeline 
Setelah clip-clip yang akan kita pakai diimpor, maka langkah selanjutnya adalah menyusun clip-clip tersebut kedalam Timeline. Kita dapat secara langsung melakukan drag and drop pada clip-clip yang ada di dalam Project Window ke dalam Timeline Window apabila clip-clip tersebut tidak membutuhkan proses trimming. Begitu pula clip yang telah mengalami trimming, kita dapat langsung melakukan drag and drop video yang tampil pada Source Monitor Window setelah melakukan trimming. Tetapi kita dapat juga memakai metode Insert dan Overlay untuk memasukkan clip hasil trimming ke dalam Timeline Window. 

Mengatur Tampilan Clip yang ada di dalam Track Video 
Tampilan Clip yang ada pada Track Video di dalam Timeline Window dapat diatur sedemikian rupa, terkadang kita membutuhkan tampilan yang kompleks untuk mempermudah kita dalam mencari letak adegan tertentu, tetapi kita juga membutuhkan tampilan yang sederhana untuk meringankan kinerja komputer. 

Mengatur Tampilan Clip yang ada di dalam Track Audio 
Seperti halnya tampilan clip dalam Track Video, tampilan clip di dalam Track Audio juga dapat diatur sedemikian rupa. Jika clip pada Track Video menampilkan gambar tempilan video atau still image, maka clip yang ada dalam Track Audio akan menampilkan bentuk gelombang audio atau waveform.

Mengatur Durasi Clip 
Untuk mengatur durasi clip yang berada di dalam Timeline Window caranya dekatkan kursor mouse ke posisi akhir clip, sehingga akan tampil kursor Ripple Edit berwarna merah dengan panah berwarna hitam.

Menghapus Clip
Pada suatu saat mungkin kita berniat untuk menghapus clip (baik itu berupa audio maupun video) yang ada di dalam Timeline Window karena berbagai alasan, misalnya tidak jadi terpakai. Maka untuk menghapus  clip yang ada di dalam Timeline Window caranya pilih salah satu clip yang akan dihapus yang berada di dalam Timeline Window, dengan cara klik satu kali pada clip tersebut. Kemudian tekan tombol Delete yang ada di keyboard komputer. Maka clip tersebut akan terhapus.

Property Motion 
Setiap clip yang ada di dalam Timeline Window memiliki property Motion, untuk menampilkan property clip caranya klik pada clip yang ada di dalam Timeline Window maka akan tampil Tab Effect Controls yang menampilkan property Motion. 
 Position, berfungsi untuk mengatur letak atau posisi clip 
•  Scale,  berfungsi  mengatur  skala  clip,  kita  dapat  melakukan  perbesaran  dan  perkecilan 
menggunakan pilihan ini. 
•  Rotation, berfungsi mengatur rotasi atau perputaran clip. 
•  Anchor Point, berfungsi mengatur letak titik pusat perputaran clip. 

No comments

Biasakan berkomentar di blog ini yah ^_^

Copyright By Dencik Art. Powered by Blogger.