Artikel Terbaru

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Belajar Photoshop : Cara Membuat Tulisan Seperti Film Twilight



Tau film “Twilight” yang terkenal itu kan? Kalau tau, pasti kamu juga pernah melihat efek tulisan judul film-nya yang cukup keren. 


Tertarik untuk membuatnya? Mari simak tutorial berikut!

1.    Buka program photoshopnya dulu (versi berapapun gak masalah)
2.    Klik File > New untuk membuat dokumen baru. Ukurannya terserah kamu deh. Saya menggunakan settingan seperti dibawah. Jangan lupa pilih warna hitam untuk background.

3. Setelah itu masukan teks yang kalian mau dengan Horizontal Type Tool (T) yang terletak disebelah kiri layar. Saya menggunaka font Times New Roman.
4. Buat duplikat layer dengan mengklik layer tersebut dan kemudian tekan Ctrl+J.


5. Klik layer duplikat (layer copy). Kemudia klik Filter > Blur > Motion Blur. 

Sebelum lanjut, akan muncul sebuah peringatan seperti berikut. 
 Peringatan tersebut terjadi karena kita akan mengedit tulisan yang masih dalam bentuk aslinya (vector), supaya bisa kasi Filter Blur,  maka harus kita Rasterize. 

Tekan OK atau Rasterize saja untuk lanjut.

Setelah itu, tampilan Motion Blur akan muncul. Lakukan settingan seperti berikut:
 
 Kamu bisa melihat tampila efeknya secara live (langsung), jadi ukuran Distance-nya bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Bila sudah puas, tekan OK.

6. Kembali ke panel Layer, kembali duplikat layer twilight lagi.
 7. Ulangi langkah no. 5 untuk membuat efek Motion Blur lagi. Tapi untuk kali ini ubah Angle-nya saja menjadi 0 derajat.
 8. Kalo perlu, kamu bisa menambah lagi sedikit efek motion blur yang vertical (90 derajat) dengan mengulangi langkah no.5
9. Well, itu keren ! Tp biar tampak lebih keren, kamu bisa menambahkan tekstur seperti efek Twilight aslinya. Sebelum menggunakan tekstur, demi kenyamanan editing, kamu bikin aja back-up layer-layer kamu dengan mendobelkan masing-masing layer. Caranya, di Layers Panel, tahan tombol Ctrl dan kemudian klik satu-persatu layer-layer yang telah kamu buat, kecuali Layer Background (paling bawah).
 Tekan Ctrl+G untuk menggrupkan layer-layer tersebut jadi satu folder, atau kamu juga bisa klik geser layer-layer tersebut ke icon yang dilingkari merah di atas.
10. Setelah layer berhasil di-group, duplikat group tersebut dengan cara meng-klik dan geser layer Group tersebut ke icon Layer yang ada di bawah Layer panel di samping kanan icon Group. (mirip dengan cara pada langkah no.9)
 Bila berhasil, maka akan ada duplikat group tersebut.
Langsung tekan Ctrl+E untuk merge (gabung) folder tersebut menjadi 1 layer
UNTUK DIKETAHUI: FUNGSI dari Group 1 ini adalah untuk menyimpan layer-layer efek yang belum di-merge (digabung). Sehingga apabila ada kesalahan-kesalahan atau kekurangan-kekurangan pada efek dasarnya, kamu bisa kembali mengeditnya dari Group 1 tersebut.
11. Nah sekarang download gambar tekstur nya, kalian bias cari di google atau pakai texture di bawah ini. Lalu masukan ke Tab yang sudah kalian buat tadi.
 12. Ukuran tekstur disini sangatlah besar… jadi kamu perlu me-resize-nya biar lebih kecil. Klik menu “Edit > Free Transform".  Atau kamu juga bisa pake shortcut Ctrl+T. Akan muncul garis tipis di sisi gambar, yang bisa kamu tarik untuk me-resize gambar texture tersebut . Lakukan resize kurang-lebih seukuran teks yang kalian buat.
13. Pilih menu “Layer> Create Clipping Mask” atau shortcut Ctrl+Alt+G untuk meng-kliping texture tersebut ke tulisan yang tadi kita buat. Kalian bisa juga lihat perubahan pada Layers panel, Layer 1 (layer texture) menempeli layer Group 1 copy (layer tulisan).

 14. Biar gampang di warnai, ubah menjadi hitam putih dulu texture tersebut. Klik menu “Image> Adjustment> Desaturate” atau shortcut Ctrl+Shift+U.
15. Bagian yang cukup menyenangkan: mewarnai texture! (Dalam langkah ini, kamu boleh coba-coba warna yang sesuai selera kamu sendiri). Pilih menu “Layer> New Adjustment layer> Color Balance”. Setelah itu tekan OK.
 Nah disini cobalah melakukan eksperimen warna RGB dalam 3 tone berbeda  “Shadow, Midtones, dan Highlights”.  Kamu bisa ikuti settingan seperti saya.
16. Jika kamu merasa perlu untuk meningkatkan tingkat kecerahannya, tinggal edit aja dengan memilih menu “Layer> New Adjustment Layer> Curves.

17. Yang perlu kamu lakukan biar hasilnya semakin pas dihati tentunya mencoba-coba kombinasi settingan warna di Color Balance pada langkah no. 15. Dan tidak lupa juga, kalian  bisa pake nama kalian sendiri menggantikan tulisan “Dencik Art” tersebut.
 Segini dulu yang bisa saya kasih ^_^ Semoga bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa share Tutorial ini :D

No comments

Biasakan berkomentar di blog ini yah ^_^

Copyright By Dencik Art. Powered by Blogger.