Artikel Terbaru

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Belajar SketchUp : Pengenalan Tool Pada Software SketchUp






























1. Select Tool
Pilih entitas untuk memodifikasi ketika menggunakan alat-alat atau perintah lain.

Klik pada entitas.

Modifier Keys
Ctrl = Tambahkan suatu entitas untuk mengatur entitas yang dipilih
Shift + Ctrl = Kurangi entitas dari himpunan entitas yang dipilih
Menggeser = Beralih apakah entitas berada dalam set entitas yang dipilih
Ctrl + A = Pilih semua entitas yang terlihat dalam model








2. Eraser Tool
Menghapus entitas.

Klik pada entitas untuk menghapus. Atau, tahan mouse tombol tarik lebih entitas. Semua entitas akan terhapus ketika tombol mouse dilepaskan.

Modifier Keys
Pergeseran = Sembunyikan entitas
Ctrl = Lembutkan dan entitas halus
Shift + Ctrl = Unsoften dan entitas mulus








3. Line Tool
Menggambar tepi atau badan Line.

Klik di titik awal dari garis.
Memindahkan kursor.
Klik pada titik garis akhir.
(Opsional) Pindahkan kursor.
(Opsional) Klik untuk membuat garis yang terhubung.
(Opsional) Ulangi langkah 4 untuk membuat garis yang terhubung, atau kembali ke titik awal dari baris pertama untuk menciptakan wajah.

Menggeser = Lock baris ke arah kesimpulan saat ini
Tombol tanda panah = Lock line untuk arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)

4. Freehand Tool
Menggambar tangan yang ditarik entitas Curve tidak teratur atau badan 3D Polyline.

Klik dan tahan pada titik awal dari kurva.
Tarik kursor untuk menggambar.
Rilis tombol mouse untuk berhenti.
(Opsional) kurva End pada titik awal untuk menggambar bentuk tertutup.
Esc = Membatalkan operasi.

Pergeseran = Menggambar 3D Polyline entitas










5. Arc Tool
Menggambar entitas Arc.

Klik untuk menentukan pusat busur ini. Opsional, klik dan tarik titik pertama untuk mengatur gambar pesawat.
Memindahkan kursor untuk menentukan titik arc pertama atau masukkan jari-jari.
Klik untuk menetapkan titik busur pertama.
Memindahkan kursor di sekitar panduan busur derajat atau masukkan sudut.
Klik untuk menetapkan titik busur kedua.
Esc = Membatalkan operasi.

Tip: Klik Window> Info Model> Unit> Angle Unit untuk mengubah gertakan sudut.

Ctrl '+' atau Ctrl '-' = Mengubah jumlah segmen
Pergeseran (sebelum klik 1) = Kunci busur untuk orientasi saat ini
Pergeseran (setelah klik 1) = Kunci alat untuk arah kesimpulan saat ini
Tombol panah (sebelum klik 1) arah = Lock busur derajat Rotasi Axis (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel)
Tombol panah (setelah klik 1) = Kunci menggambar arah ke arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)

6. 2 Point Arc Tool
Menggambar 2-titik Arc entitas.

Klik untuk menetapkan titik awal dari busur.
Memindahkan kursor.
Klik pada titik busur berakhir atau masukkan nilai.
Memindahkan kursor tegak lurus terhadap garis untuk mengatur jarak tonjolan atau memasukkan nilai.
Klik untuk menyelesaikan busur.
Esc = Membatalkan operasi.

Ctrl '+' atau Ctrl '-' = Mengubah jumlah segmen
Menggeser = Lock alat untuk arah kesimpulan saat ini
Tombol tanda panah = Lock menggambar arah ke arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)

7. 3 Point Arc Tool
Menggambar 3-Point entitas Arc.

Klik untuk menetapkan titik awal dari busur.
Memindahkan kursor jauh dari titik awal.
Klik untuk menetapkan titik kedua. arc akan selalu melewati titik ini.
Memindahkan kursor ke titik akhir. Sebuah sudut akan muncul di kotak Pengukuran, dan Anda dapat mengetik nilai yang tepat.
Klik untuk menyelesaikan busur.
Esc = Membatalkan operasi.

Ctrl '+' atau Ctrl '-' = Mengubah jumlah segmen
Menggeser = Lock alat untuk arah kesimpulan saat ini untuk setiap titik.
Tombol tanda panah = Lock menggambar arah ke arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)

8. Pie Tool
Menggambar entitas Pie.

Klik untuk menentukan pusat pie ini. Opsional, klik dan tarik titik pertama untuk mengatur gambar pesawat.
Memindahkan kursor untuk menentukan titik arc pertama atau masukkan jari-jari.
Klik untuk menetapkan titik busur pertama.
Memindahkan kursor di sekitar panduan busur derajat atau masukkan sudut.
Klik untuk menetapkan titik busur kedua.
Esc = Membatalkan operasi.

Tip: Klik Window> Info Model> Unit> Angle Unit untuk mengubah gertakan sudut.

Ctrl '+' atau Ctrl '-' = Mengubah jumlah segmen
Pergeseran (sebelum klik 1) = pie Lock untuk orientasi saat ini
Pergeseran (setelah klik 1) = Kunci alat untuk arah kesimpulan saat ini
Tombol panah (sebelum klik 1) arah = Lock busur derajat Rotasi Axis (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel)
Tombol panah (setelah klik 1) = Kunci menggambar arah ke arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)










9. Rectangle Tool
Menggambar entitas Wajah persegi panjang.

Klik untuk mengatur tikungan pertama.
Memindahkan kursor diagonal.
Klik untuk mengatur sudut kedua.
Esc = Batal Operasi.

Menggeser = Lock persegi panjang ke arah kesimpulan saat ini

10. Rotated Rectangle Tool
Menggambar entitas Wajah persegi panjang.

Klik untuk mengatur tikungan pertama.
Memindahkan kursor Anda di sekitar busur derajat untuk mengatur arah tepi pertama.
Klik untuk mengatur sudut kedua.
Memindahkan kursor untuk mengatur panjang dan sudut tepi kedua.
Klik untuk mengatur sudut ketiga dan terakhir.
Esc = Batal Operasi.

Menggeser = Lock persegi panjang ke arah kesimpulan saat ini atau busur derajat dasar
Alt (setelah klik 1) = Kunci menggambar pesawat untuk tepi pertama
Alt (pada pesawat terkunci, setelah klik pertama) = Set busur dasar
Alt (setelah klik 2) = Set busur dasar
Tombol panah (sebelum klik 1) arah = Lock busur derajat Rotasi Axis (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel)
Tombol panah (setelah klik 1) = Kunci menggambar arah ke arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)

11. Circle Tool
Menggambar entitas Lingkaran.

Klik untuk menempatkan pusat titik.
Memindahkan kursor menjauh dari titik pusat untuk menentukan radius.
Klik untuk menyelesaikan lingkaran.
Esc = Membatalkan operasi.

Ctrl '+' atau Ctrl '-' = Mengubah jumlah segmen
Pergeseran (sebelum klik 1) = lingkaran Lock untuk orientasi saat ini
Tombol panah (sebelum klik 1) = Lock Permukaan Normal (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel)
Tombol panah (setelah klik 1) = Kunci menggambar arah ke arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)

12. Polygon Tool
Menggambar entitas Polygon.

Klik untuk menempatkan pusat titik.
Memindahkan kursor menjauh dari titik pusat untuk menentukan radius.
Klik untuk menyelesaikan poligon.
Esc = Membatalkan operasi.

Ctrl '+' atau Ctrl '-' = Mengubah jumlah segmen
Pergeseran (sebelum klik 1) = Kunci poligon dengan orientasi saat ini
Ctrl (sebelum klik 2) = Beralih antara tertulis dan dibatasi jari-jari poligon
Tombol panah (sebelum klik 1) = Lock Permukaan Normal (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel)
Tombol panah (setelah klik 1) = Kunci menggambar arah ke arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)







13. Push/Pull Tool
Mendorong dan menarik badan Wajah menambah atau mengurangi volume yang dari model 3d Anda.

Arahkan kursor untuk memilih wajah.
Klik di wajah.
Memindahkan kursor untuk mendorong atau menarik muka ke bentuk 3D.
Klik untuk menyelesaikan dorong / tarik operasi.
Esc = Membatalkan operasi.
Pre-Pick Tool Operasi

Gunakan alat Pilih untuk memilih wajah.
Aktifkan Push / alat Pull.
Klik sekali untuk mengatur titik awal dari Push / Pull.
Klik untuk menyelesaikan push / pull.
Esc = Membatalkan operasi dan pilihan yang jelas.

Ctrl = Beralih menciptakan wajah awal baru
Alt = Push / Pull saat peregangan wajah terpasang







14. Offset Tool
Membuat salinan dari baris pada jarak seragam dari aslinya.

Klik wajah.
Memindahkan kursor.
Klik untuk menyelesaikan operasi offset.
Esc = Membatalkan operasi.








15. Move Tool
Pindah, peregangan, atau menyalin entitas.

Klik pada entitas. Atau, pra-memilih beberapa entitas dengan alat Pilih.
Pindahkan kursor ke lokasi baru.
Klik untuk menyelesaikan operasi bergerak.

Menggeser = Lock pindah ke arah kesimpulan saat ini
Ctrl = Beralih copy seleksi
Alt = Beralih autofold seleksi
Tombol tanda panah = Lock line untuk arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)








16. Rotate Tool
Putar, peregangan, mendistorsi, atau menyalin entitas sepanjang jalan bulat.

Klik pada entitas. Opsional, klik dan tarik titik pertama untuk mengatur pesawat rotasi.
Memindahkan kursor di lingkaran sampai berada pada menatap titik rotasi.
Klik untuk menetapkan titik rotasi mulai.
Memindahkan kursor di lingkaran sampai pada titik rotasi berakhir.
Klik untuk menyelesaikan rotasi.

Tahan Shift = Lock kesimpulan
Ctrl = Beralih diputar copy seleksi
Tombol panah (sebelum klik 1) arah = Lock busur derajat Rotasi Axis (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel)
Tombol panah (setelah klik 1) = Kunci menggambar arah ke arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)







17. Scale Tool
Mengubah ukuran dan meregangkan bagian dari geometri relatif terhadap entitas lain dalam model.

Klik pada entitas (garis tidak dapat ditingkatkan).
Klik pada pegangan scaling.
Memindahkan kursor ke entitas skala.
Klik untuk menyelesaikan operasi offset.

Menggeser = Scale seragam
Ctrl = Skala tentang pusat geometri ini







18. Tape Measure Tool
Mengukur jarak, buat garis panduan atau poin, atau skala model.

Klik di titik awal pengukuran.
Memindahkan kursor.
Klik pada titik pengukuran berakhir.

Ctrl = Beralih membuat garis panduan atau poin panduan
Menggeser = Lock meteran ke arah kesimpulan saat ini
Tombol tanda panah = Lock line untuk arah inferensi tertentu (Up = Biru, Kiri = Hijau, Kanan = Red, Bawah = Paralel / tegak lurus)









19. Text Tool
Menempatkan entitas Teks.

Klik pada entitas untuk menunjukkan titik akhir dari garis pemimpin (lokasi di mana pemimpin akan menunjuk).
Memindahkan kursor ke posisi teks.
Klik untuk menempatkan teks.
(Opsional) Klik dalam kotak teks.
(Opsional) Masukkan teks dalam kotak teks.
Klik kotak teks di luar untuk menyelesaikan operasi.
Esc = Membatalkan operasi.








20. Paint Bucket Tool
Menetapkan bahan dan warna untuk entitas.

Pilih perpustakaan bahan menggunakan daftar drop-down dalam Bahan Browser.
Pilih bahan dari perpustakaan bahan.
Klik di wajah untuk melukis.

Pergeseran = Cat semua wajah dengan bahan yang cocok
Ctrl = Cat semua wajah yang terhubung dengan bahan yang cocok
Shift + Ctrl = Cat semua wajah pada objek yang sama dengan bahan yang cocok
Alt = bahan Contoh untuk lukisan







21. Orbit Tool
Memutar kamera tentang model.

Klik di mana saja di area gambar.
Memindahkan kursor ke segala arah berputar di sekitar pusat area gambar.

Menggeser = Pan Alat
Ctrl = Suspend gravitasi (tidak mencoba untuk menjaga tepi vertikal ke atas dan bawah)









22. Pan Tool
Menggerakkan kamera (pandangan Anda) secara vertikal maupun horizontal.

Klik di mana saja di area gambar.
Memindahkan kursor ke segala arah untuk panci.

alat Esc = Aktifkan dipilih sebelumnya






23. Zoom Tool
Menggerakkan kamera (pandangan Anda) atau keluar.

Klik dan tahan di mana saja dalam menggambar daerah.
Drag kursor up untuk memperbesar (lebih dekat untuk model) dan ke bawah untuk zoom out (jauh dari model).

Pergeseran = Ganti bidang pandang derajat
alat Esc = Aktifkan dipilih sebelumnya

No comments

Biasakan berkomentar di blog ini yah ^_^

Copyright By Dencik Art. Powered by Blogger.