Artikel Terbaru

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect

Belajar Visual Basic : Pengenalan Visual Basic 6.0

1.1.  Mengenal Microsoft Visual Basic 6.0 

Bahasa basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman    di  dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan. Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic yang dibangun dari IDE (Integrated Development Environment) untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (Simple Scripting Language) untuk grapich user  interface dalam bentuk form sedangkan untuk codingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows. 
Visual  Basic  adalah  bahasa  pemrograman  berbasis  Windows  yang merupakan Object  Oriented  Programming  (OOP),   yaitu  pemrograman  berorientasi  objek,  Visual Basic menyediakan  objek-objek  yang  sangat  kuat, berguna dan sangat mudah dalam penggunaannya.  Pemakaian  Visual  Basic  ditandai  dengan  kemampuan  Visual  Basic untuk dapat  berinteraksi  dengan  aplikasi  lain  di  dalam  sistem  operasi  windows  dengan komponen  ActiveX 
Control.  Dengan  komponen  ini  memungkinkan  pengguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam sistem operasi  windows. Hal  ini  juga  ditunjang  dengan  teknik  pemrograman  di  dalam  Visual  Basic  yang mengadopsi  dua  macam  jenis  pemrograman  yaitu Permrograman Visual dan Object Oriented Programming (OOP). 
Dalam  penggunaan   User-interface  tidak  akan menyadari  bahwa  di belakangnya berjalan  instruksi-instuksi  program  yang  mendukung  tampilan  dan proses yang dilakukan. Pada  pemrograman  Visual,  pengembangan  aplikasi  dimulai  dengan pembentukan user interface kemudian mengatur  properti  dari  objek-objek yang digunakan dalam user.

     A. Menjalankan IDE Visual Basic
Salah satu cara untuk mengaktifkan IDE Visual Basic adalah menjalankannya dari Menu Start,  pilih  All Programs,  lalu pilih Microsoft Visual Studio 6.0 kemudian pilih Microsoft Visual Basic 6.0.

Sebagai  langkah awal  dari  proses  belajar, pilihlah project Standard EXE.

Pengenalan Jendela IDE 
IDE  Visual  Basic  6.0  menggunakan  model  MDI  (Multiple Document Interaface). Berikut  ini  adalah  gambar  yang  menunjukan  bagian-bagian  dan nama-nama jendela yang dapat tampil pada IDE Visual Basic. Mungkin pada IDE anda hanya ditampilkan  sebagian jendela dibandingkan dengan Gambar 1.3 anda tidak  perlu  terkejut,  karena  penampilan dari jendela-jendela tersebut  dapat  diatur dengan perintah pada menu View.
Sebagai  langkah  awal  dari  proses  belajar,  tidak  semua  jendela  akan  kita gunakan,  tetapi hanya  beberapa  yang  penting,  sedangkan  yang  lainnya  besifat khusus.

Sebagaimana  dengan  proses  belajar  ini,  kita  akan  fokus  pada  beberapa jendela  yang  penting  terlebih  dahulu  sehingga  konsentrasi  tidak  menjadi  pecah, dan  peserta  belajar menjadi bingung.  Adapun  jendela-jendela  yang  perlu  anda perhatikan adalah:

·         Menu Bar,   digunakan  untuk  memilih  tugas-tugas  tertentu  seperti menyimpan project, membuka    project, dll.
·         Main Toolbar,   digunakan  untuk  melakukan  tugas-tugas  tertentu  dengan cepat atau dengan            menubar View kemudian pilih Toolbar
·         * Jendela Project,   jendela  ini  berisi  gambaran  dari  semua  model  yang terdapat dalam aplikasi        anda.  Anda  dapat  menggunakan  icon  Toggle Folder untuk menampilkan model-model dalam          jendela tersebut secara di group  atau  berurut berdasarkan  nama.  Anda dapat  menggunakan             Ctrl+R untuk  menampilkan  jendela project,  ataupun  mengunakan  icon  Project Explorer.
·         Jendela Form Designer,    jendela  ini  merupakan  tempat  anda  untuk merancang user  interface        dari  aplikasi  anda.  Jadi  jendela  ini  menyerupai kanvas bagi seorang pelukis. Cara Membuka          View kemudian Form Layout Windows
·         Jendela Toolbox,  jendela ini berisi komponen-komponen yang dapat anda gunakan untuk                    mengembangkan user interface. Membuka View kemudian pilih Toolbox atau klik   pada menu          toolbar
·         Jendela Code,  merupakan  tempat  bagi  anda  untuk  menulis  koding.  Anda dapat menampilkan      jendela ini dengan menggunakan komboinasi Shift-F7.
·         Jendela Properties, merupakan daftar properti-properti object yang sedang terpilih. Sebagai                  contohnya   anda   dapat   mengubah   warna tulisan (foreground).  Anda dapat  menggunakan  F4      untuk  menampilkan jendela  properti  atau  dari  menubar View  kemudian  pilih  Property                  Windows.
·         Jendela Color Palette,  adalah fasilitas cepat untuk mengubah warna suatu object. Untuk                      menampilkannya  melalui View pada Menubar lalu pilih Color Pallete
·         Jendela Form Layout,   akan  menunjukan  bagaimana  form  bersangkutan ditampilkan ketika            runtime. 

A.      Pengenalan Objek-objek pada Visual Basic 6.0
Ada  beberapa  istilah  dan  komponen  dalam  Visual  Basic  yang  digunakan untuk membuat  program aplikasi.   Komponen–komponen  yang  akan  dibahas  ini hanya  dasar-dasarnya  saja  agar  dalam  pembahasan  selanjutnya  anda  sudah  beradaptasi dan memahami penggunaan istilah dan komponen tersebut.

1)  Project
Project    adalah  sekumpulan  modul  atau  program  aplikasi  itu  sendiri, project disimpan dalam file berextension .VBP   biasanya berisi form-form. Ada tiga icon dalam project properties, diantaranya:
a)  View Code  : menampilkan jendela editor program
b)  View Object  : menampilkan bentuk form
c)  Toggle Folders  : Menampilkan folder tempat penyimpanan file

2)  Form
Form  adalah objek yang dipakai untuk tempat bekerja program, tempat untuk meletakkan objek-objek lainnya, didalam form ada grid (garis titik-titik yang berguna untuk pengaturan letak). Form disimpan dalam file berextension.

3. Toolbox
Jendela Toolbox merupakan jendela control-control (object, komponent) yang nantinya diperlukan untuk diintegrasikan ke dalam aplikasi. Setiap control mewakili fungsi masing-masing. Uraian singkat kegunaan dari control-control (object) yang ada pada IDE VB 6.0 ini, adalah:

1) Pointer  : bukan kontrol melainkan penunjuk kontrol sehingga kita bias memindahkan letak atau mengubah ukuran kontrol yang terpasang pada form.
2) Label  : kontrol yang bisa digunakan untuk menampilkan text yang tidak bisa diubah oleh pemakai program.
3) Frame  : untuk mengelompokkan beberapa kontrol, frame ini harus dipasang terlebih dahulu sebelum kontrol yang dilingkupinya.
4) Check box  : untuk membuat kotak check yang mudah pemakaiannya bisa digunakan untuk pemilihan dua keadaan atau lebih.
5) Combo box : Sebagai tempat mengetikkan pilihan atau memilih suatu pilihan lewat Drop-Down-List.
6) Hscroll bar  : untuk mengulung dengan  jangka lebar dengan indikasi posisi pemilihan dalam posisi horisontal.
7) Timer  : untuk menghitung waktu event dalam interval yang ditentukan.
8) Dir list box : untuk menampilkan direktori atau path.
9) Shape  : untuk memasang kontrol yang mampu menghasilkan sarana agat pemakai dapat menggambar berbagai bentuk shape.
10) Image : untuk menampilakan gambar bitmap icon ataupun metafile.
11) OLE  : untuk menghasilkan proses link dan embed objek antar aplikasi.
12) Picture box : untuk menampilkan gambar statis maupun aktif dari sumber lain.
13) Text box  : Untuk menampilkan teks dan pemakai dapat berinteraksi dengannya.
14) Command: button untuk membuat sebuah tombol pelaksana perintah.
15) Option button : untuk pemilihan dua keadaan dari banyak pilihan,
namun hanya satu pilihan saja yang bisa diaktifkan pada satu saat.
16) List box : digunakan untuk menampilkan daftar pilihan yang bisa digulung.
17) Vscroll bar  : untuk mengulung dengan jangka lebar dengan indikasi posisi pemilihan dalam posisi vertikal.
18) Drive list box  : untuk menampilkan drive list yang dimiliki komputer.
19) Filelist box : untukmenampilakan sebuah daftar file.
20) Line : untuk menggambar garis dengan berbagai varisinya.
21) Data : menyediakan sarana akses data dalam suatu database.

3)  Kode Program adalah  serangkaian  tulisan  perintah  yang  akan dilaksanakan jika suatu dijalankan.

Didalam jendela coding terdapat istilah-istilah sebagai berikut: 
a) Event   adalah  peristiwa  atau  kejadian  yang   diterima  oleh  suatu  objek, misalnya klik, seret dan lain-lain yang akan memicu program Visual Basic menjalankan kode program seperti coding program diatas. 
b) Objek  sering  disebut  entity  merupakan  sesuatu  yang  biasa  dibedakan dengan lainnya.  Pada  dasarnya  seluruh  benda  didunia  ini  bisa  dikatakan sebagai objek, contoh : motor, Komputer, TV dan lain-lain. Dalam Visual Basic  objek-objek  yang  dimaksud  disebut  kontrol.  Jenis-jenis  kontrol antara  lain  :  Label, TextBox, ComboB,  ListBox, Command  Button  dan masih banyak lagi. 
c) Metoda  (method)  adalah  suatu  perintah  seperti  halnya  fungsi  dan prosedure.
Metode  inilah  tempat  untuk  mengekspresikan  logika pemrograman  dari pembuatan  suatu  program  aplikasi.  Contohnya  Jika Mobil bergerak Maju, Mundur atau berbelok dan sebagainya. 
d) Module  dapat disejajarkan dengan form, contoh form itu merupakan salah satu modul, yang berisi kode atau procedure.

4)  Properties adalah untuk menentukan setting suatu object, menentukan cara kerja dari objek saat proram dijalankan misalnya warna, huruf dan lain-lain.

No comments

Biasakan berkomentar di blog ini yah ^_^

Copyright By Dencik Art. Powered by Blogger.